Perbedaan Agama, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan

Perbedaan filsafat,agama dan ilmu pengetahuan
Filsafat adalah induk pengetahuan, filsafat adalah teori tentang kebenaran. Filsafat mengedepankan rasionalitas, pondasi awal dari segala macam disiplin ilmu yang ada. Filsafat juga bisa diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan memikirkan segala sesuatunya secara mendalam dan sungguh-sungguh, serta radikal. Sehingga mencapai hakikat segala situasi tersebut.Filsafat bersifat spekulatif. Mendekati agak mutlak. Kebenaran dari filsafat kadang berupa keragu-raguan yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Filsafat timbul kerana adanya suatu kepercayaan dan dianggap benar. Sehingga muncullah suatu teori yang menyatakan kebenaran tersebut.Agama adalah lahir sebagai pedoman dan panduan bagi kehidupan manusia. suatu keyakinan yang mempercayai bahwa manusia berasal dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan. Agama lahir tidak didasari dengan riset, rasis,ataupun uji coba. Melainkan lahir dari proses peciptaan zat yang berada di luar jangkauan manusia. Agama diyakini berasal dariTtuhan dengan wahyu-wahyu-Nya. Agama adalah suatu perantara yang bisa mengantarkan manusia mencapai kepuasan hidup yang tidak bisa di dapat dalam ilmu-ilmu lain. Kebenaran agama bersifat mutlak atau absolute.

Ilmu pengetahuan adalah suatu hasil yang diperoleh oleh akal sehat, ilmiah, empiris dan logis. Ilmu adalah cabang pengetahuan yang berkembang pesat dari waktu ke waktu. Segala sesuatu yang berawal dari pemikiran logis dengan aksi yang ilmiah serta dapat dipertanggungjawabkan dengan sebuah bukti yang konkret. Harus mempercayai paradigma serta metode-metode yang jelas yang juga dikorelasikan dengan bukti yang empiris yang mampu diterapkan secara transparan. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat nisbi atau relative.Keragu-raguan tentang agama, filsafat bisa memberikan jawaban tentang kebenarannya.

Jenis-jenis pengetahuan1.      Biasa2.      Ilmiaha.      Obyek: obyek formal          :dari sudut mana kita memandaagnya,menyoroti obyek tersebutobyek material        :apa yang menjadi bahan penyelidikan ilmu.b.      Metode: cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran suatu obyekPendekatan. Ada pendekatan rasional dan empiris. Pendekatan rasional yaitu keterangan pemikiran secara koherens atau saling berhubungan dan masuk akal atau logis.Pendekatan empiris yaitu kebenaran karena pengalaman.dasarnya adalah pengalaman dapat dilihat, didengar.c.       Sistematik. Tetrstruktur3.      teologis

About these ads

3 thoughts on “Perbedaan Agama, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan

  1. It’s remarkable to pay a quick visit this web page and reading the views of all colleagues about this paragraph, while I am also zealous of getting know-how.

jangan lupa komentar ya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s